Jumat Cantik dan Minggu Lentik, Program PSN Desa Pancasan dan Lesmana

Jumat Cantik dan Minggu Lentik, Program PSN Desa Pancasan dan Lesmana

AJIBARANG - Akhir April dan awal Mei lalu, Desa Pancasan dan Lesmana baru saja melaksanakan kegiatan Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk kader. Pelatihan ini dilaksanakan menggunakan anggaran dana desa, dengan narasumber petugas Promosi Kesehatan dan Sanitarian Puskesmas 2 Ajibarang.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini yaitu agar kader mengetahui 16 indikator PHBS tatanan rumah tangga serta bagaimana cara melakukan pendataan kepada setiap keluarga. Peserta juga diajak praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan 6 langkah sesuai standar WHO. Selain itu, kader juga dilatih cara melakukan PSN. Pendataan PHBS dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penerapan PHBS setiap rumah tangga yang ada di desa. Sedangkan PSN dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan jentik sehingga mengurangi risiko penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Peserta pelatihan sedang mempraktikkan CTPS 6 langkah

Dalam program ini, dicanangkan program rutin PSN untuk kedua desa tersebut. Untuk Desa Pancasan, dicanangkan program "Jumat Cantik" yang merupakan singkatan dari Hari Jum'at Pancasan Bebas Jentik. Sedangkan untuk Desa Lesmana, dicanangkan progtram "Minggu Lentik". Dengan adanya program ini, diharapkan kader bersama masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang bebas dari penyakit DBD. (nena/promkes)

Related Posts

Komentar