Pasca Pemicuan STBM, 2 Orang Warga Desa Jingkang Bangun Jamban

Pasca Pemicuan STBM, 2 Orang Warga Desa Jingkang Bangun Jamban

AJIBARANG - Desa Jingkang merupakan salah satu desa yang menjadi wilayah kerja Puskesmas II Ajibarang. Namun di desa ini masih banyak warga yang belum memiliki jamban. Sebagian besar memilih BAB di kolam ikan atau di sungai. Pada bulan Februari lalu, petugas Promosi Kesehatan dan Sanitarian dari Puskesmas II Ajibarang telah melakukan pemicuan STBM di wilayah RW 6, 5, dan 4. Pemicuan STBM merupakan upaya untuk memicu motivasi masyarakat agar merubah perilaku BAB sembarangan menjadi BAB di jamban. Dari hasil pemicuan tersebut, 26 dari 30 peserta yang hadir bersedia menandatangani kontrak sosial stop BABS.

Sabtu, 19 Mei 2018, petugas Promosi Kesehatan kembali mengunjungi RW 6 dan 5, namun kali ini untuk melakukan monitoring pasca pemicuan yang telah dilaksanakan. Dari 26 orang yang menandatangani kontrak sosial, diketahui 1 orang saat ini tengah membangun jamban, yaitu atas nama Ibu Rodiyah dengan alamat RT 1 RW 6. Sementara untuk warga lain masih perlu digali lagi motivasinya. Petugas Promosi Kesehatan pun mengajak para kader di wilayah tersebut untuk membantu memantau perkembangan pembangunan jamban masing-masing warga, terutama yang telah menandatangani kontrak sosial.

Hampir sama dengan RW 6, di RW 5 juga ada 1 orang warga yang tengah membangun jamban, yaitu atas nama Ibu Nasitem dengan alamat RT 2 RW 6. Kader di RW tersebut pun diajak untuk dapat membantu memantau perkembangan pembangunan jamban masing-masing warga.

Kegiatan pemicuan yang sejatinya telah rutin dilakukan sejak beberapa tahun ke belakang ini ke depannya akan terus dilaksanakan dan dimonitoring di berbagai wilayah di Puskesmas II Ajibarang, agar persentase warga yang BAB di jamban dapat meningkat, meskipun secara bertahap. (nena/promkes)

Related Posts

Komentar