Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji

Dilihat : 476 Kali, Updated: Rabu, 08 Pebruari 2023
Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji

Waspada jajanan Ciki Ngebul !!

Menurut Surat Edaran Kemenkes Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang pengawasan terhadap penggunaan nitrogen cair pada produk pangan siap saji.

Makanan Ciki Ngebul dianggap berbahaya lantaran cairan nitrogen jernih, tidak berwarna dan tidak berbau sehingga tidak mengubah rasa jika digunakan untuk makanan.

Nitrogen cair saat langsung bersentuhan dengan organ tubuh menyebabkan radang dingin, luka bakar atau cold burn pada jaringan kulit. Bahkan dapat terjadi kerusakan internal organ akibat suhu yang teramat dingin menghirup uap asap nitrogen dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang cukup parah. Nitrogen cair juga menyebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar.

Perlu kewaspadaan bagi orang tua dan pendidik di sekolah untuk memperhatikan makanan atau jajanan yang dibeli oleh anak-anak baik saat di rumah maupun di sekolah. Pada hal ini petugas puskesmas telah melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah kepada guru dan siswa untuk selalu mewaspadai bahaya jajanan di sekolah khususnya Cikibul.

Komentar